Di masa pandemi ini cukup tricky untuk bepergian jauh karena selain alasan kesehatan juga berbagai peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk bepergian menggunakan transportasi umum baik oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat seperti persyaratan test rapid antigen maupun PCR yang berlaku maksimal 2-3 hari saja dengan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu staycation merupakan alternatif untuk mengisi liburan bersama pasangan maupun keluarga, dan kami memilih Ayom Java Village (AJAVI) yang berlokasi di Karanganyar, Surakarta. Perjalanan kami mulai dari Semarang dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam dan tidak sulit menemukan lokasi resort ini, thanks to Google Maps!

Villa dengan Private Pool

Salah satu alasan saya dan istri memilih AJAVI yaitu karena setiap kamar/ villanya memiliki private pool, mini garden dan lokasinya cukup nyaman untuk staycation atau honeymoon. Lokasinya yang berada di pinggiran kota Solo dengan suasana lingkungan yang tenang, jadi cocok sekali sebagai tempat mencari ketenangan di akhir pekan.

Dari pertama masuk, saya sendiri kesannya sedang tidak berada di Solo, melainkan seperti di Bali tetapi dengan alunan gending jawa. Proses check-in dilakukan di ruangan khusus dan dilayani dengan staff yang ramah. Oh iya, AJAVI ini memiliki beberapa tipe kamar, diantaranya:

  • Janur
  • Tunjung
  • Gelung
  • Manik
  • Maduswara

Perbedaan diantara tipe-tipe villa tersebut yaitu pada luas kamar, fasilitas, harga dan luas private poolnya. Kita bisa menentukan mana yang paling pas dengan selera, jumlah tamu ataupun budget. Fasilitas standar pada kamar seperti tv kabel, wifi, hair dryer, telepon, kulkas (coklat dan minuman di dalamnya gratis), pemanas air, sofa dan wardrobe. Kalau sore menjelang malam suka banyak nyamuk di kamarnya, tapi tenang cukup telpon room service dan akan dipinjamkan anti nyamuk elektrik. Selain interior kamarnya yang bertema jawa, amenities di kamar mandinya kami beri nilai plus dengan adanya body lotion herbal dari Bali yang harum dan lembut dikulit.

Berikut beberapa foto dari villa Tunjung tempat kami menginap:

Jujur saja saya sangat menikmati suasana di kamarnya apalagi ditambah hujan di sore hari, semakin tidak mau beranjak dari kasur. Selain itu, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi yang lokasinya tidak jauh dari AJAVI ini seperti The Tjolomadoe, Grandis Barn dan beberapa tempat menarik lainnya.

Sarapan di Kolam

Di sini menu sarapan sudah ditanyakan diawal pada saat kita check-in. Varian menu yang ditawarkan cukup beragam dan menggugah selera loh! Mulai dari sarapan ala western sampai hidangan khas Solo, (selad solonya favorit saya!). Dan yang membedakan disini yaitu kita bisa request untuk sarapan terapung di private pool di dalam vila kita. Tinggal beritahu petugas hotel mau diantar ke villa jam berapa sarapannya dan mereka sangat tepat waktu. Mungkin ini pertama kalinya saya dan istri sarapan sambil di air, pengalaman yang unik dan menyenangkan.

Mbok Jamu Keliling

Setiap sore mulai pukul 16.00 – 17.00 akan ada mbok jamu yang berkeliling ke setiap vila untuk menawarkan aneka jamu. Yang kami pesan yaitu beras kencur dan kunyit asem. Walau sedang hujan pun, mbok jamu tetap berkeliling menjajakan jamu ke setiap villa yang pintunya memang sengaja dibuka dan ini gratis!

Room ratenya berapaan?

Untuk room ratenya sendiri bervariasi dan bisa kita cek sendiri di berbagai platform travel seperti Booking.com, Agoda, Traveloka dan yang lainnya. Kamar termurahnya yaitu Janur sendiri sekarang sudah di atas 1 juta-an, coba untuk sering-sering cek untuk mendapatkan harga terbaik.

Menurut saya sendiri cukup pricey tetapi sebanding dengan kenyamanan dan fasilitas menginap di AJAVI ini, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *