Sudah hampir 2 bulan ini gue WFH alias work from home alias kerja dari rumah. Hampir semua perkantoran di ibu kota baik pemerintahan maupun swasta sudah diinstruksikan untuk bekerja dari rumah sesuai dengan instruksi dari Bapak Presiden dan Bapak Gubernur DKI dalam rangka mencegah mata rantai penularan COVID-19 (Corona Virus Disease-2019) yang disebut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kecuali 8 sektor yang boleh beroperasi sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah namun tetap sesuai dengen kaidah physical distancing.

Jujur aja gue mulai ‘bosen’ dengan WFH ini, dimana biasanya di kantor ketemu temen-temen tiap hari, tapi mau tidak mau untuk kebaikan bersama kita harus patuh dengan instruksi dari pemerintah. Walau masih banyak orang di luar sana yang masih abai dan belum benar-benar patuh dengan aturan PSBB ini.

Kali ini gue mau nulis sedikit hal-hal yang bisa dilakukan di rumah saat WFH agar selalu produktif.


Buat Spot Bekerja Pribadi

Kita kalau di kantor biasanya punya kerja/desk sendiri, nah begitupun di rumah sebaiknya ada ruangan atau spot tertentu yang bisa kita jadikan spot kita bekerja. Kenapa demikian? Karena walaupun kerja dari rumah terkadang ada banyak file atau kertas-kertas yang bisa jadi berceceran sehingga dengan adanya designated spot di rumah alangkah lebih baik dan teratur peralatan kerja kita. Gue sendiri ada 3 spot yang biasa gue pakai untuk bekerja seperti di meja depan tv, meja kerja di kamar dan meja depan sofa. Sengaja gue pilih ketiga spot tersebut supaya tidak bosan dan kalau cari barang tinggal mencari ketiga tempat tersebut.


Olahraga Ringan

Tidak ada salahnya memulai pagi hari dengan berolahraga ringan seperti lari pagi, atau buat yang males keluar bisa dilakukan di dalam rumah. Seperti push-up, sit-up, angkat dumble, senam, dll. Karena walau sebentar dan sedikit saja olahraga, bisa melancarkan aliran darah yang membuat tubuh lebih segar setelah bangun dari tidur.


Mandi Pagi

Jangan mentang-mentang tidak berangkat kerja jadi tidak mandi lho. Pengalaman gue pribadi, kalau sudah mandi pagi badan terasa segaar dan lebih bersemangat jadi tidak ada bawaan mager lagi untuk memulai beraktivitas.


Jangan Lupa Sahur & Sarapan

Saat sedang berpuasa, jangan lupa sahur, karena merupakan sebuah keutamaan dimana ada keberkahan di dalamnya dan juga sebagai ‘modal’ bagi tubuh kita dalam melaksanakan ibadah puasa. Kalau sedang tidak puasa, sarapan tetap penting supaya membantu kita tetap fokus dalam bekerja atau berkegiatan.


Berjemur Pagi

Saat musim pandemi seperti ini, pemerintah melalui dinas kesehatan menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas berjemur pagi. Rentang waktu yang paling baik gue sendiri juga masih agak bingung karena ada yang bilang waktu paling baik itu antara jam 7 – setengah 9an, ada yang bilang antara jam 9 – 10an dan durasi yang dianjurkan 5 -10 menitan tetapi jangan setiap hari. Daripada misleading informasi lebih baik googling sendiri ya!


Mengaji

Walau dirumah, keadaan rohani tetap harus terjaga donk tidak hanya jasmani saja. Jadi selalu luangkan waktu untuk mengaji/ tadarus ya minimal 1 – 2 lembar sehari, toh supaya waktu luangnya lebih berkah ya!


Sekian yang bisa gue tulis pada tulisan kali ini, semoga kita tetap sehat selalu dan pandemi ini bisa segera berakhir. Aamiin..

Source: Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *