Ditulisan ini saya mau berbagi pengalaman tentang perjalanan ke Jepang kemarin khususnya membahas mengenai tempat sholat di tempat umum yang ada di sekitaran Namba, Kyoto dan Kansai Airport. Tidak mudah memang menemukan tempat untuk sholat di negeri dengan mayoritas penduduk non-muslim, tetapi di Jepang khsusnya di tempat-tempat ramai menyediakan tempat khusus beribadah disana yang biasa disebut Prayer Room.


Kyoto Station/ Kyoto Tower

Untuk yang baru datang ke Kyoto via Kyoto Station apalagi sudah memasuki waktu sholat Dzuhur maupun Ashar tidak perlu khawati. Tempat sholatnya sebetulnya tidak berada di dalam Kyoto Station namun ada di gedung seberangnya yaitu Kyoto Tower yang berada di lantai 3F.

Kansai Tourist Information Center

Kita harus mendaftar terlebih dahulu ke Information Center tersebut dan akan diantar oleh salah satu petugasnya ke prayer room. Waktu yang diberikan sekitar 15-20 menit untuk sekali pakai. Prayer room di sini tidak begitu luas, mungkin cukup untuk 3 orang dalam sekali pakai (akhwat dan ikhwan terpisah), sehingga kita harus menunggu apabila ada orang lain yang sedang memakai. Jam operasional information center disini hanya sampai pukul 6 pm. saja, jadi tidak bisa digunakan untuk sholat maghrib.


Namba

Lokasi prayer room di Namba terletak di dalam mall Namba City, dari pintu keluar stasiun Namba North Exit kita harus turun ke Information Center di lantai B2 (lokasi dekat Uniqlo) untuk mendaftar. Sedangkan prayer roomnya sendiri berada di lantai B1, tenang saja petugasnya akan menjelaskan bagaimana arah menuju lokasi dan memberi nomor pin untuk membuka pintunya.
Prayer room di Namba ini lebih besar daripada di Kyoto dan kita diberi waktu 30 menit untuk sekali pakai. Tempat wudhu dan solat laki-laki dan perempuan dipisah, dan ada pula sajadah, sarung hingga Al-Quran. Kebetulan saya bertemu dengan muslim asal Jepang disini dan beliau sangat ramah sekali menyapa dengan salam.


Kansai Airport

Di bandara Kansai (KIX) sendiri ada beberapa musholla yang berada di arrival (lantai 2) dan boarding room (lantai 4). Kebetulan saya nemu yang berada di boarding area tepatnya di dekat gate 26.
Menurut saya prayer room disini yang paling bagus dan ukurannya cukup besar kurang lebih sama seperti yang di Namba dan tidak perlu pakai acara mendaftar dulu untuk masuk.


Cari Informasi lain dengan HHWT!

Selain prayer room yang saya sebutin di atas, sebetulnya kita juga bisa mencari informasi keberadaan prayer room dari apps “Have Halal Will Travel” atau dikenal dengan “HHWT”. Di apps tersebut lengkap membahas informasi seputar tempat sholat, makanan halal dan berbagai informasi lainnya yang berguna bagi muslim traveler saat bepergian. Tidak hanya di Jepang, namun beberapa tempat/ kota di belahan dunia lain tersedia di apps ini.

Tampilan Apps HHWT

Bagi muslim traveler, masukan dari saya lebih baik segerakan sholat begitu sudah masuk waktu dan ada kesempatan. Karena di lokasi-lokasi wisata umum kebanyakan jarang ada tempat sholatnya. Beberapa restoran halal mungkin menyediakan ruang untuk sholat, tapi itupun sangat jarang. So, atur-atur waktu sebaik mungkin ya agar tidak sampai tertinggal solat.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *