Awal tahun 2019 ini sejatinya banyak orang mempunyai resolusi-resolusi yang ingin dicapainya baik itu hal baru maupun yang sudah direncanakan di tahun sebelumnya. Begitupun saya sendiri, sudah punya planning  tentang apa saja yang akan saya lakukan di tahun 2019 ini, mulai dari Januari hingga Desember nanti.

Banyak dari kita yang mempunyai segudang rencana, baik itu rencana kecil hingga rencana besar, mulai dari urusan keluarga, jodoh, karir, dan lain sebagainya. Namun, kita sebagai makhluk-Nya hanya bisa menuliskan rencana terebut di atas lembaran-lembaran kertas yang mungkin sampai bertumpuk-tumpuk karena banyaknya, tetapi jangan lupa segala sesuatu terjadi atas izin Allah Subhanahuwata’ala Sang Pemilik Alam Semesta.

Kalau anda yang pernah membaca buku The Secret atau Quantum Ikhlas, pasti familiar dengan yang namanya Law of Attraction atau hukum tarik menarik (CMIIW). Dimana kalau kita ingin sesuatu, bisa kita dapatkan dengan memikirkannya dengan fokus terhadap sesuatu yang ingin kita miliki atau capai tersebut berulang kali (tentu diringi oleh usaha/ ikhtiar juga). Tapi sekali lagi jangan lupa harus tetap berdoa kepada-Nya supaya diberikan yang kita inginkan tersebut.

Bicara soal “doa”, yang merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia bagi umat Islam kepada Rabb-nya, senantiasa kita panjatkan setiap saat baik saat ada hajat maupun tidak. Mintalah apapun yang kita inginkan, minta hal yang terbaik bagi kita, jangan lupa Allah Maha Kaya, Maha Pemilik Alam Semesta, jangan pernah ragu untuk meminta segala sesuatu.

Dari semua doa yang kita panjatkan kepada-Nya pasti didengar oleh-Nya, harus kita yakini itu. Nah, utamanya yang perlu kita semua sadari dan yakini, tidak semua doa yang kita panjatkan akan selalu diberikan oleh Allah. Bukan berarti Allah tidak sayang kepada kita, atau tidak mendengar doa kita. Namun yakinlah, bahwa Allah pasti memberikan yang TERBAIK menurut kehendak-Nya! Kita tau apa sih tentang masa depan? Bisa jadi yang kita inginkan itu justru tidak baik menurut Allah dan yakinlah bahwa Allah akan mengganti doa kita yang tidak dikabulkannya itu dengan sesuatu yang lebih baik, bahkan mungkin terbaik yang belum kita ketahui siapa, apa, kapan dan dimana doa-doa itu dikabulkan oleh-Nya. Mungkin kita merasa yakin bahwa seseorang itu jodoh kita, segala daya dan upaya telah kita lakukan, bukan hal sulit bagi Allah untuk membalikkan keadaan untuk menunjukkan kepada kita bahwa ia bukanlah jodoh yang tepat untuk kita.

Sekali lagi, manusia hanya bisa berencana, tetapi Allah lah yang menentukan. So, segala hal yang menurut kita buruk, bisa jadi itulah jalan yang terbaik menurut-Nya. Tetap keep your faith only to Allah, jangan pernah malu untuk minta doa melalui orang tua kita, karena betapa dahsyatnya doa orang tua untuk anaknya. Ingat, ridha Allah juga ridha orang tua. Jagalah hubungan baikmu dengan kedua orang tuamu, sayangi mereka sepenuh hati, jangan pernah hitung-hitungan dengan orang tua. Karena segala sesuatu yang telah mereka berikan sejak kita di dalam kandungan hingga menjadi seseorang yang dewasa seperti saat ini takkan bisa tergantikan oleh materi sebanyak apapun.

Stay positive, keep praying, and spread happiness..

 

-Jakarta 9 Feb 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *