Kota Bandung saat ini cukup terkenal memiliki banyak tempat rekreasi dan taman-taman baru, baik yang benar-benar baru atau revitalisasi dari yang sudah ada, salah satunya Forest Walk Hutan Kota Babakan Siliwangi. Hutan kota yang berada di Jalan Taman Sari No.73, Lebak Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung (bisa masuk dari seberang Cafe Halaman), kini menjadi salah satu destinasi wargi Bandung untuk ber-rekreasi.

Forest Walk @ Babakan Siliwangi

Sebelumnya, Babakan Siliwangi a.k.a Baksil ini sudah ada sejak lama, dan di akhir-akhir masa jabatan walikota Kang Emil, Baksil membuka “wajah baru”. Kita bisa naik ke atas jembatan untuk menyusuri Baksil yang dibuat mengitari pohon-pohon rindang atau hutan kota ini, istilahnya mah Forest Walk. Konon panjangnya sekitar 2 km dan menjadikan salah satu yang terpanjang di ASEAN!

Sejak pagi, orang-orang sudah ramai berdatangan kesini ada yang ingin berolahraga, lari pagi maupun berenang dan ada juga yang sekedar ingin jalan-jalan di Forest Walk Baksil. Konsep Forest Walk Baksil ini sendiri seperti mengajak kita untuk berjalan ditengah hutan kota, apalagi didukung dengan suasana Kota Bandung yang sejuk pagi itu setelah semalam diguyur hujan, menjadikan 2 km tidak terasa jauh. Selain menikmati suasana yang sejuk, kalau beruntung kita bisa melihat tupai-tupai yang memanjat pepohonan di dalam Baksil ini.

Namun perlu diwaspadai, kontur lantai yang cenderung licin bisa membuat orang terpeleset terlebih kalau sehabis diguyur hujan. Beberapa titik memiliki sudut yang curam, dan kebetulan kemarin ada seorang ibu yang terpeleset karena licin. Bagi yang membawa anak kecil terutama, harus diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang unik lagi, disana ada semacam jajanan “drive thru”! Karena jembatan berdiri sekitar 2m diatas permukaan tanah, jadi beberapa kios jajanan membuat panggung sendiri agar pengunjung dapat dengan mudah memilih makanan & minuman dagangan mereka. Selain itu ada tempat kita bisa nongki-nongki bareng teman di tengah Forest Walk ini dan mereka buatkan tangga sendiri sehingga kita bisa langsung turun dengan memanjat pagar, sedikit repot sih tapi seru juga.

“Kantin” Tengah Hutan

Kalau penasaran langsung aja datang kesini karena untuk yang bawa kendaraan sendiri, parkirnya pun cukup luas ya mulai dari depan sampai ke dekat lapangan lari Sabuga ITB. Cukup menarik bukan Forest Walk Hutan Kota Babakan Siliwangi?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *