Belakangan ini ramai di media ada penumpang yang melakukan “bomb jokes” atau bercanda tentang bom baik sebelum naik ke atas pesawat bahkan sudah didalam pesawat. Apalagi belakang di Indonesia sedang “hangat” isu pengeboman yang dilakukan oleh teroris di beberapa tempat sehingga tempat-tempat vital seperti bandara pastinya melakukan peningkatan pengamanan.

bomb jokes itu apa sih? Singkatnya kita mengaku-ngaku membawa bom untuk dibawa dalam penerbangan atau mengeluarkan ancaman tentang keselamatan penerbangan. Hal tersebut merupakan tindakan melawan hukum dan dapat dipidana karena telah diatur oleh pemerintah dalam Undang-Undang Penerbangan no. 1 tahun 2009 Pasal 437 seperti pada gambar berikut:

Source: Kemenhub

1. Pre-Flight

Saat pre-flight berarti sebelum kita menaiki pesawat, yaitu saat Security Check Point 1 sampai waktu boarding. Sebagai contoh saat kita memasukkan barang ke mesin X-Ray jangan sekali-sekali bercanda tentang bom, “.. Hati-hati tas gue, ada bom nya..” 

Kalau ada petugas Avsec (Aviation Security) yang mendengar perkataan anda, siap-siap dilakukan pemeriksaan lanjutan bahkan bisa dibawa ke kantor polisi terdekat. Kalau sudah begini malah berantakan kan perjalanannya?

2. In-Flight

Baru-baru ini ada kejadian yang lagi viral di media sosial, yaitu pada penerbangan Lion Air rute Pontianak – Jakarta ada salah satu penumpang yang bilang “.. awas mba ada bom nya..” (kurang lebih seperti itu sepertinya) saat merapihkan posisi tasnya di head rack dan pramugari yang mendengar itu langsung melapor ke PIC (Pilot in Command) dan seluruh penumpang diminta untuk turun ke boarding room. Tetapi ada penumpang yang membuka Emergency Exit Door dan keluar melalui sayap kanan pesawat yang menyebabkan beberapa penumpang cidera.

Pokoknya jangan bercanda tentang bom deh mau dimanapun kita berada karena hal tersebut bukan suatu candaan biasa terlebih di negara kita sedang sensitif mengenai isu tersebut. Apalagi hukumannya sampai dipenjara, sangat-sangat candaan yang merugikan. So have a wise attitude for our safety & comfort air travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *