Novel Dilan yang ditulis oleh Pidi Baiq buat saya mempunya sesuatu yang beda dari novel lain yang pernah saya baca. Novel Dilan sendiri sudah rilis tiga seri :

  1. Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990
  2. Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991
  3. Milea: Suara Dari Dilan

Bagi pembaca yang mungkin pernah tinggal di Bandung dan atau mengalami masa remaja di kota Bandung, pasti “baper” setelah membaca novel Dilan. Walau di dalam novel diceritakan keadaan kota Bandung di tahun 1990 (dimana orang tua gue aja belum nikah) tetapi sang penulis dengan lihai dapat membawa pembacanya seolah-olah masuk ke lorong waktu dan merasakan betul kota Bandung di tahun 1990.

Latar tempat yang sering disebutkan dinovel ini seperti sekolah yang terletak di daerah Buah Batu (perkiraan gue sih SMA 8 atau SMA 22), Jalan Riau, Laswi,  sama Riung Bandung (mana lagi ya, lupa gue). Kebayang gimana asrinya suasana kota Bandung di tahun segitu apalagi saat sedang turun hujan, makin romantis.

Novel yang menceritakan kisah seorang remaja SMA bernama Dilan seorang panglima tempur sebuah geng motor yang kemudian jatuh cinta pada siswi pindahan dari Jakarta yang bernama Milea Adnan Husain yang dipanggil Lia. Karakter Milea ini digambarkan sebagai seorang remaja berparas cantik yang orangnya asik dan juga cara-cara Dilan mendekati Milea yang nyentrik ini jadi kadang bikin senyum-senyum sendiri membacanya.

Kalau abis baca novel ini, suka kebayang masa-masa SMA gue dulu, keseruan bareng temen-temen dari mulai bikin tugas, kegiatan ekskul, main bareng, persahabatan, touring/momotoran, ngejar-ngejar gebetan (walaupun sebenernya gue ngga pernah pacaran pas SMA), dan masih banyak pokoknya keseruan lain di masa itu. Dan novel ini sukses bikin gue “baper” sama masa-masa SMA gue yang mungkin salah satu masa terbaik yang tidak akan terlupakan!

Setelah ditunggu-tunggu akhirnya novel pertama Dilan ini difilmkan juga. Dilan diperankan oleh Iqbaal ex CJR dan Milea oleh Vanesha Prescilla, dan juga ada sosok Kang Ridwan Kamil ikut main sebagai guru. Yang kerennya lagi lokasi syuting sekolahnya memakai SMAN 20 Bandung, sekolah gue dulu. Buat yang pengen nonton, tunggu tanggal mainnya di bioskop tanggal 25 Januari 2018!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *