Toyota baru saja meluncurkan salah satu model andalannya di Indonesia yaitu Toyota All New Rush. Acara launching yang digelar pada hari Rabu 23 November 2017 ini untuk pertama kalinya Toyota Rush generasi terbaru ini diperkenalkan kepada publik, khususnya rekan-rekan media.

All New Rush (toyota-astra.co.id)Dari foto-foto yang didapat dari berbagai sumber, tampak Rush baru ini benar-benar mengalami major change. Perubahan radikal Rush ini terlihat dari bentuk ‘badan’ yang lebih terlihat seperti SUV, dengan dipindahkannya ban serep yang dahulu ‘digendong’ di bagian belakang, sekarang diletakkan di bawah sama seperti Avanza dan Innova. Dan model spionnya pun serasi dengan milik Grand New Innova dan Fortuner.

Ground clearance All New Rush ini cukup tinggi, sekitaran 220mm yang artinya tidak perlu khawatir dengan kondisi jalanan di Indonesia saat melewati jalan rusak maupun polisi tidur yang cukup tinggi.

Tampak Belakang

Sepertinya lebih ‘gagah’ dengan ban digendong dibelakang karena kesan garangnya lebih kental seperti Ford Everest dan Nissan Terrano. Menurut pendapat saya pribadi, tampak depan Rush ini mirip-mirip Honda CR-V pada bagian grill dan lampu utama dan bentuk rumah fog lamp sekilas mirip headlamp-nya Mitsubishi Xpander. Untuk lampunya sendiri, beberapa sudah menggunakan lampu LED walau headlamp belum menggunakan proyektor.

Honda CR-V, sekilas memiliki kemiripan bentuk headlamp (source: autotrader.com)

Interior

Dari sisi interior pun berubah total dari generasi sebelumnya. Dashboard terkesan cukup mewah dengan sentuhan kulit sintetis di bagian bawah dashboard, dan kontrol AC yang kini sudah elektronik. Bagi tipe TRD bahkan dilengkapi dengan pengaturan AC otomatis / climate control, berbeda jauh dengan generasi pendahulunya yang masih diputar secara konvensional.

Interior Rush 2018 (source: motorbeam.com)

Bentuk lingkar kemudi menjadi palang tiga seperti Terios sebelumnya dan untuk sudah dilengkapi tombol pengaturan audio. MID nya menggunakan layar TFT sehingga dapat menampilkan informasi dengan cukup jelas. Tapi saya kok malah inget sama punyanya Avanza ya?

Multi Information Display

Dari segi safety, banyak sekali improvement yang disematkan pada Rush baru ini seperti airbag di 6 titik dan sensor seat belt bagi penumpang depan dan belakang! Penumpang paling belakang pun mendapat ‘jatah’ airbag di dekat kaca sampingnya. Mengingat harga Rush yang kini sudah menyentuh 250 jutaan, rasanya fitur safety seperti ini bukan barang mewah, dan menjadi sebuah poin plus dalam persaingan pasar mini SUV.

Harga?

Bicara tentang harga, info yang didapatkan tidak berbeda jauh dengan Rush lama yang saat ini dijual di dealer yaitu konon sekitar 3 jutaan lebih mahal dari harga Rush sekarang. Dengan perkiraan harga jual Rush lama saat ini sebagai berikut:

  • Rush 1.5 G M/T – Rp. 239.900.000  –> Rp. 242.900.000
  • Rush 1.5 G A/T – Rp. 249.900.000 –> Rp. 252.900.000
  • Rush 1.5 S A/T TRD Sportivo – Rp. 265.550.000 –> Rp. 268.550.000

(sumber: Website Toyota Astra)

Namun Rush ini baru bisa dipesan oleh konsumen mulai bulan Januari, mirip-mirip seperti peluncuran Xpander beberapa bulan lalu. Yang pasti dengan sudah ada bocoran kisaran harga jual Rush baru ini, saya yakin dealer Toyota pasti sedang banting harga Rush lama demi menghabiskan stoknya dan bagi yang ingin membeli Rush lama mungkin sekarang inilah saatnya untuk mendapat best deal dengan sales mereka.

Ya harga Rush baru diatas masih perkiraan saya saja, kita tunggu grand launching yang akan dilakukan oleh Toyota Astra Motor pada bulan Januari besok dan saya yakin cukup menarik minat konsumen di Indonesia yang sudah ‘bosan’ dengan model Rush – Terios yang sudah berusia 10 tahun ini.

Hmm jadi penasaran mencoba Rush baru ini (padahal 5 tahun saya pemakai Terios hehe), ada yang penasaran juga?

 

Video Review Rush oleh beberapa channel reviewer mobil Youtube:

Autonetmagz.com

 

GridOto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *