Bekerja adalah impian sebagian besar orang-orang yang telah menyelesaikan studi dari berbagai tingkat. Bekerja tidak harus menjadi karyawan di sebuah perusahaan namun menjadi pengusaha atau memiliki usaha sendiri pun itu disebut bekerja, karena ada hal yang dikerjakan. Umumnya sebagian besar orang yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan formalnya memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan yang diinginkannya (termasuk saya) dengan berbagai motivasinya, ingin mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh, ingin memperoleh gaji yang besar, ingin mendapat pengalaman kerja, dan lain sebagainya.

Motivasi bekerja bagi fresh graduate yaitu mendapatkan kerja dengan gaji yang besar, saya pun sama kok awalnya seperti itu. Namun motivasi tersebut dimiliki oleh ribuan orang pencari kerja seperti kita, sehingga kesempatan yang sedikit diperebutkan oleh ribuan orang yang ingin mengambilnya. Untuk mendapatkan kerja di perusahaan besar atau yang kita impikan, bisa diperoleh dengan berbagai cara sebetulnya, tidak hanya harus masuk kesana dari waktu pertama lulus. Berikut kiat-kiat yang saya bagikan :

1. Ikuti Program Management Trainee 

Perusahaan besar sebagian besar membuka kesempatan bagi para new comer-nya melalui program management training (MT)  atau development program yang khas dengan bidang yang digeluti oleh perusahaan tersebut. Biasanya di program MT tersebut diajarkan berbagai hal basic hingga advance dan para trainee akan ditugaskan atau di tempatkan di beberapa tempat untuk mendapatkan pengalaman yang cukup luas sehingga bisa meng-catch up berbagai proses bisnis serta tantangannya masing-masing yang mana di akhir program trainee tersebut mereka di challenge untuk bisa memberikan kontribusi bagi perbaikan perusahaannya.

MT Garuda Indonesia (Source: karirindonesia.com)

Biasanya program trainee seperti ini memiliki kontrak khusus, yaitu trainee dikontrak dalam jangka waktu tertentu dan apabila resign dikenakan biaya/penalty tertentu dan biasanya cukup besar. Namun benefit yang didapatkan dari program trainee itu sangat menarik, seperti memiliki relasi yang luas, knowledge lebih daripada yang lain dan jenjang karir yang lebih prospektif (biasanya setelah diangkat, dapat langsung menduduki sebuah posisi e.g. supervisor/section head). Karena benefitnya yang menjanjikan itu, maka proses seleksi/rekrutmennya lebih sulit dan ketat daripada rekrutmen biasanya.

2. Cari Pengalaman di Perusahaan Lain Dulu

Tidak selalu semua perusahaan membuka rekruitmen pegawai setiap waktu atau di setiap job fair. Kebanyakan mereka membuka rekrutmen saat ada posisi kosong atau memang sudah di program untuk mempersiapkan employee untuk suatu proyek baru. Bagi job seeker, jangan hanya terpaku pada satu dua perusahaan saja tapi cobalah untuk masuk dulu ke perusahaan lain yang kira-kira memberikan prospek bagi pengembangan diri ataupun di perusahaan tersebut kita mendapat benefit yang cukup baik, sehingga saat perusahaan yang kita incar membuka lowongan pekerjaan kita dapat meng-apply nya dan pastinya kita mempunyai nilai lebih yaitu pengalaman kerja.

Bagi perusahaan besar yang membuka posisi tertentu, sebagian besar cenderung lebih tertarik bagi pelamar yang telah memiliki pengalaman kerja, karena dipandang lebih siap mengisi posisi dan beradaptasi dengan lingkungannya sehingga cepat line up pada posisi yang diisinya. Saya pun kebetulan bagian dari ini, saya merasa dapat lebih cepat beradaptasi di tempat baru saya karena telah memiliki sedikit pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya yang notaben budaya kerjanya lebih keras dan sangat disiplin.

3. Kepoin Website Rekrutmen

Tidak jarang banyak perusahaan kini membuka rekruitasi melalui website resminya, karena dengan cara ini lebih efisien dan mendapatkan kandidat yang lebih banyak dibandingkan membuka stand pada suatu jobfair. Dengan kemajuan teknologi, HRD kini tidak perlu satu persatu membuka CV pelamar yang telah di upload, namun cukup men-screeningnya hingga mendapatkan kandidat yang cocok dengan kriteria perusahaan.

Jadi, buat list website rekrutmen perusahaan incaran anda, (contoh http://recruitment.pertamina.com/) dan pantau sesering mungkin, karena tidak ada notification langsung kepada anda jika mereka mengeluarkan informasi rekrutmen posisi baru. Dan terpenting biasanya ada deadline waktu tertentu sehingga harus cepat apply sebelum batas waktu yang ditetapkan.


Pesan terpenting selain usaha yang maksimal dalam mencari pekerjaan impian, yaitu jangan lupa minta restu kepada orang tuan dan berdoa kepada Allah Subhanahuwata’ala memohon bimbingan dan petunjuknya karena sehebat apapun usaha kita tanpa ridha-Nya maka semuanya akan sia-sia.

Semangat dan sukses bagi kalian opportunity seeker! Don’t give up and always gives your best shot!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *