Mercedes-Benz baru saja me-launching mobil baru mereka yang berjenis double-cab (pick-up) atau biasa disebut “truk” di Amerika, yaitu X-Class. Pick-up pertama dari manufaktur mobil mewah Mercedes-Benz ini memiliki desain yang cukup “sangar” namun cukup elegan sebagai pickup kelas atas. Varian terbaru dari Mercedes yang berada pada divisi commercial vehicle ini konon katanya bekerja sama dengan Nissan dalam hal penyediaan mesin. X-Class ini terdiri dari 3 jenis pilihan mesin yaitu entry-level X220d dan mid-grade X250d dengan didukung mesin 2.3 liter dari Nissan, sedangkan varian tertingginya yaitu four-wheel-drive X350d dengan mesin 3.0-litre turbo diesel V6 .

Spesifikasi dari X-class ini bisa saja berbeda-beda di tiap wilayah pemasarannya setelah disesuaikan dengan karakteristik pasarnya. Bagi seseorang yang fanatik dengan Mercy dan pastinya berdaya beli tinggi, harga pastinya bukan halangan untuk segera memiliki pickup baru ini. Menurut saya, mobil ini cocok untuk di Indonesia yang kondisi jalannya masih kurang bagus terutama di daerah-daerah atau di jalan trans Kalimantan yang medannya cukup berat. 

Exterior (CNET.com)
X-Class

Interior

Dari interiornya sendiri, menurut saya terlihat “standar” sebagai sebuah double cab, tidak terlihat karakter sebuah Mercedes-Benz seperti umumnya disini, mungkin kalau tidak ada logo Mercedes pada lingkar kemudi, saya tidak akan mengenali mobil ini adalah sebuah Mercedes.

Dashboardnya cukup simple dengan sebuah layar ditengah yang dapat dikontrol melalui knob yang ada di bagian tengah, sama seperti varian Mercy lainnya. Bagi seorang adventurer yang menggunakan mobil ini, mungkin kemewahan bukan yang menjadi nomor satu, sehingga aspek kemewahan pada interior bukan menjadi perhatian utama bagi pemiliknya.

Interior X-Class (CNET.com)

Harga

Untuk sebuah harga double cab Mercedes-Benz seharusnya berada diatas para pemain lama di segmen ini seperti produsen Jepang Nissan Navara, Toyota Hi-Lux Mitsubishi Triton atau bahkan produsen pickup handal dari Amerika seperti Ford F150 maupun GMC. Namun dari informasi yang saya dapat, harganya dimulai dari $36.000 ada juga yang menyebut  €37.294 di Jerman (Kalau masuk ke Indonesia, silahkan tambahkan dengan pajak barang mewah ya (PPnBM).

Mercedes-Benz sudah punya varian pickup, akankah rival beratnya dari sesama Jerman Audi/BMW/Porsche akan merilis mobil serupa untuk menghadang laju mobil ini ?

Source:

Link 1Link 2Link 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *