Pernahkah kamu traveling dengan pesawat namun “pasrah” dikasih tempat dimana saja saat check-in? Niat saat berangkat ingin dapat di kaca agar bisa foto-foto pemandangan, setelah naik ternyata seat kita ditengah, sungguh merusak mood selama di udara. Untuk bisa menghindari itu saya ingin berbagi sedikit tips agar kita bisa pilih seat sesuai keinginan.

1. Pastikan jenis tiket kamu dan check-in online lebih awal

Perihal memilih seat, pertama biasanya tergantung dari jenis tiket yang kita miliki apakah itu tiket full fare (subclass paling mahal, namun bisa re-schedule, refund, bebas pilih seat),  atau tiket promo (paling murah, pilihan seat terbatas). Rentang waktu check-in per airline bisa saja berbeda, jadi kamu harus liat policy yang tertera mengenai window web/mobile check-in biasanya 24-4 jam sebelum keberangkatan. Dengan check-in online di awal waktu, biasanya seat masih banyak yang kosong sehingga bisa leluasa memilih tempat duduk.

Untuk pesawat LCC, semisal Citilink agar bisa memilih tempat duduk saat check-in online dikenakan sejumlah biaya tergantung tempat duduk yang kita pilih, semakin depan biasanya semakin mahal dan posisi yang memiliki legroom luas juga lebih mahal.

2. Perhatikan jenis pesawat yang digunakan

Jenis pesawat ada 2 kategory, wide body dan narrow body. Perbedaan keduanya yaitu pada besarnya pesawat dan jumlah aisle atau gang di dalamnya. Simplenya lihat dibawah ini:

Wide body

Double aisle, kapasitas >200 penumpang, sering digunakan untuk long haul flight. Contoh : Airbus A330, A350, A380, Boeing 747, B777, B787

Airbus A350 XWB Qatar Airways
Qatar Airways A350 Cabin

Narrow body

Single aisle, kapasitas <200 penumpang, umumnya digunakan untuk penerbangan jarak dekat/ rute domestik. Contoh : Boeing 737 series, Airbus A320 series.

Cabin Boeing 737-800 Garuda Indonesia

Setelah tau pesawat apa yang dipakai, baru kita bisa menentukan pilihan untuk duduk dimana.

3. Hindari Posisi Tempat Duduk Berikut

Saran saya sih hindari di beberapa tempat seperti kalau mau perjalanan lebih nyaman :

  1. Overwing : Pemandangannya terbatas, dan berisik suara mesin dan flap. Karena letaknya yang agak tengah yang juga diatas dari roda pesawat, saat take off dan  akan landing akan terdengar suara cukup berisik dari bawah saat roda dinaikkan dan diturunkan.
  2. Emergency exit door : Ruang kaki/leg room cukup lega namun kursi tidak bisa di recline dengan alasan safety.
  3. Seat paling depan : Seat depan biasanya digunakan bagi yang membawa bayi karena terdapat fasilitas baby bassinet, jadi kalau sedang ada bayi siap-siap denger tangisan bayi yah.
  4. Seat paling belakang : Terkadang ada pesawat yang agak “jorok” jadi bau dari lavatory bisa tercium masuk ke kabin dan yang  duduk disini jadi orang pertama yang menciumnya.

Berikut layout cabin sebuah pesawat Boeing 737-800 NG

Layout provide from Seatguru.com

Sekian yang bisa saya share, and have a nice flight!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *