Sekilas Pandang Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia terletak di Jakarta Pusat yang berisi banyak sekali koleksi-koleksi seni yang sebagian besar berasal dari karya anak bangsa namun ada juga yang didatangkan dari mancanegara. Sebetulnya udah dari lama sekali saya ingin mengunjungi tempat ini karena banyak foto-foto dari media social yang membuat saya tertarik. Berlokasi di pusat kota dan berdekatan dengan Stasiun Gambir, Monas, hingga istana kepresidenan ini sehingga dapat dengan mudah bagi yang ingin berkunjung ke tempat ini. Galeri Nasional berdiri diatas bangunan kuno yang telah direvitalisasi sehingga menggabungkan kesan klasik dan modern sehingga jauh dari kesan seram layaknya kebanyakan bangunan tua lainnya.

Galeri Nasional Indonesia

Masuk ke Galeri Nasional ini gratis dan bebas dari segala bentuk pungutan. Kalau kita kesini, ada dua gedung utama yang digunakan sebagai ruang pamer, yaitu Gedung A dan Gedung B yang semua ruangannya ber-AC untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Gedung A merupakan gedung yang sering digunakan sebagai pameran dengan tema khusus jadi setiap minggunya bisa saja kita mendapati pameran seni yang berbeda-beda dan dari seniman yang berbeda pula bisa dari dalam maupun luar negeri. Informasi mengenai pameran apa yang sedang digelar disini dapat dengan mudah kita ketahui melalui website maupun socmed.

Wimba Kala at Galery Nasional

Gedung B ini lebih banyak karya-karya yang dipajang secara permanen, masuk kesini pun dibatasi untuk menjaga agar pengunjung bisa melihat-lihat dengan nyaman, oh iya pengunjung hanya boleh membawa kamera, hp dan dompetnya sedangkan tas atau barang lainnya wajib dititipkan di loker yang dijaga petugas. Di gedung B ini dibagi menjadi dua ruang utama yang berada di lantai 2. Di masing-masing ruangan besar ini dibagi lagi per-region diklasifikasikan lagi per-masa sehingga pengunjung dapat melihat perkembangan karya seni dari masa ke masa dan membandingkan karya seni dari suatu tempat ke tempat lainnya. Ada beberapa lukisan karya pelukis-pelukis terkenal bangsa ini (yang saya pun lupa namanya -_- ) dan lukisan dari tahun 60’an.

Lukisan di Galeri Nasional

Sebagai orang yang awam dengan seni rupa, saya cukup “bingung” dengan berbagai karya yang ditampilkan disini so I just enjoy the show and capture what I interested. Banyak juga anak-anak sekolahan yang kesini karena diberi tugas oleh gurunya seperti mendata karya-karya terpajang. But overall saya cukup puas dengan apa yang telah disajikan oleh Galeri Nasional Indonesia ini, cukup inspiratif dan membuat kita lebih menghargai karya seni rupa anak bangsa dan dapat memajukan seni rupa kedepannya. –mif-

 

Patung

 

lukisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *