Sebuah event yang di selenggarakan oleh Telkomsigma pada hari Kamis 30 Maret 2017 ini mengenai knowledge sharing tentang Big Data terutama di Indonesia yang saya dapatkan informasinya dari Eventbrite dan pastinya free, dengan pembicara-pembicara expert di industri ini seperti Judi Achmadi (CEO Telkomsigma), Achmad Zaky (CEO Bukalapak.com), Mas Deta (VP Telkomsigma), Fred Groen (Cloudera), Mas Reynazra (CEO Snapcart). Banyak yang saya dapatkan mengenai apa itu big data, how to utilize it to become valuable things, and many more.

Sebelum datang kesini jujur saja saya kepo dulu tentang big data. Apa itu big data? bagaimana sejarahnya? kenapa big data itu penting? apa aja metode-metodenya? kegunaannya apa? Biar waktu acara saya ngga kudet amat hehe.

So what is big data?

Big data yaitu sekumpulan data yang berjumlah sangat-sangat besar yang berasal dari berbagai sumber baik berbentuk structured atau non-structured data dimana aplikasi data-data tersebut dapat kita olah agar menjadi suatu informasi yang berharga atau memiliki nilai/arti yang digunakan untuk suatu kepentingan. Banyak hal yang tidak kita sadari bahwa apa yang kita lakukan seperti tweet, melihat-lihat iklan di web bahkan mengklik suatu barang di situs jual beli, kita telah berkontribusi untuk memberi informasi sehingga aktifitas web surfing kita terekam dalam big data.

Di era keterbukaan data seperti saat ini, bukan tidak mungkin data-data privacy kita pun bisa diketahui dengan mudah dengan orang lain walau sudah ada undang-undang ITE, namun hal tersebut bisa disikapi dengan kecerdasan kita dalam menggunakan internet dan mengelola data-data yang bersifat sensitif.

Kesimpulannya, “utilized your big data well and get the information you need then make money :D”

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *