img_7646

Kali ini gue pengen sedikit sharing tentang traveling ke Singapura. Buat yang pengen jalan-jalan ke Singapura entah solo trip atau bareng rombongan dan dengan budget hemat, berikut ada sedikit tips yang bisa gue share:

  1. Stay at hostel not hotel

Tinggal di hostel jauh lebih murah ketimbang hotel yang ada di Singapura. Hostel itu biasanya kita dalam satu kamar bisa ber 8/16/24 dan kamar mandinya sharing. Caranya pesannya gampang banget, cukup dengan aplikasi traveling seperti Agoda / Trip Advisor / Booking.com dan berbagai apps lainnya kita bisa dengan mudah mencari hostel berdasarkan kriteria yang kita inginkan. Tips dari saya sih ada 3 kriteria utama dalam menentukan pilihan :

Pertama, pilih harga yang sesuai budget. Walau rata-rata yang namanya hostel berharga miring, tetapi pilih lah hostel yang juga menawarkan fasilitas terbaik. Informasi fasilitas hostel sudah tersedia di aplikasinya langsung, biasanya hostel memposting foto kamar, kamar mandi dan fasilitas lainnya di halaman hostel pada applikasi seperti Agoda.

dsc_0539

XIAOYI

agoda

Kedua, tentukan lokasi yang strategis. Hostel murah belum tentu lokasi ada di pelosok atau jauh dari keramaian. Gue kemarin dapet hostel dengan harga Rp.161.000-an (nama hostelnya Adamson Lodge), namun dapat kualitas kamar dorm yang bersih, pake AC dan kamar mandinya bersih. Selain itu lokasinya strategis sangat dekat dengan stasiun MRT Rochor, dekat dengan masjid dan disekitarnya banyak jajanan halal.

dsc_0477

Ketiga, cari tahu tentang term & condition hostel yang kamu pilih. Kemarin gue sempet agak kaget, ternyata deposit yang diminta sebesar S$30, sedangkan di dompet tinggal S$50, dan ketentuan itu ngga ada di informasi booking, jadi lebih baik  bertanya dulu via email sebelum berangkat.

Oh yah semua pembayaran dilakukan pakai kartu kredit apabila pesan lewat apps tadi.

  1. Beli kartu Singapore Tourist Pass

Dengan kartu ini, kamu bebas naik semua fasilitas transportasi umum yang ada di Singapore (MRT/LRT/Bus) dengan pilihan hari stay disana (1 hari = S$20 ; 2 hari = S$26; 3 hari= S$30), dan di hari terakhir bisa refund tiket sebesar S$10 atau kalau dibawa kartunya bisa aja tapi ngga refund.

Kartu ini bisa dibeli di loket MRT khusus STP yang ada di Terminal 2 bandara Changi. Recommended buat yang mau jalan-jalan mengelilingi Singapura naik MRT.

dscf2132
STP Counter at Changi Station
  1. Jangan makan fastfood kalau mau hemat

Fastfood disini harganya bikin bengong, misalnya McFlurry yang biasa kita beli seharga Rp.10.000, disana bisa S$2,7 atau sekitar Rp.25.000-an, dan Burger King biasa aja bisa hampir S$10, dan disarankan makan di area yang banyak menyediakan resto-resto kaki lima atau disebut hawker agar bisa dapat harga terjangkau. (Jangan disamakan ya restoran kaki lima disini dengan yang ada di Indonesia).

Gue sekali makan habis paling mahal S$5.5 sudah kenyang banget dan sudah include minum (teh Tarik enak loh). Cuma emang harus sedikit berkorban tenaga sih kalau mau murah, tapi kalau tenaga udah habis mending beli yang ada di dekatmu aja daripada pingsan, kan repot?

XIAOYI

dscf2164

  1. Simpan travel document di tempat yang aman

Memang sih Singapura negara yang relative aman dari tindak kejahatan, tapi tidak menutup kemungkinan kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Simpanlah travel document di tempat yang aman, dan kalau perlu fotocopy beberapa rangkap dan simpan di tempat berbeda just in case terjadi musibah. Dan disaranin beli cover passport supaya lebih rapih.

travel-document

  1. Bawa kit foto secukupnya

Kalau tujuan kamu ke Singapura hanya ingin liburan biasa, kata aku sih bawa peralatan foto secukupnya. Kamera + Tripod mini + charger batere sudah cukup untuk dibawa traveling kok. Karena dari pengalaman kemaren, kami terlalu banyak bawa gadget (Dji osmo, DSLR , Mirrorless, GoPro, Tongsis dan gue lupa bawa charger kamera -_-“) yang terkadang justru merepotkan sendiri atau bahkan menghambat. Lain hal kalau ke sini memang bertujuan untuk foto-foto, silahkan bawa kit foto terbaik kamu.

Dji OSMO
Dji OSMO
  1. Walau budget traveling, tapi bawa spare itu lebih baik

Engga ada salahnya bawa uang lebih atau lebih tepatnya uang cadangan. Kita engga tau kalau sewaktu-waktu memaksa kita untuk mengeluarkan uang lebih diluar budget yang sudah ditentukan sebelumnya daripada bingung nantinya, karena money changer disana relative sedikit. Bisa aja sebenernya pakai debit card/ credit card, cuma harus tau rate yang dipakai oleh pihak banknya.

  1. Perhatikan waktu, jangan sampai ketinggalan pesawat

Karena lagi keasyikan foto-foto atau jalan-jalan, jangan sampai lupa sama waktu keberangkatan pesawat kalian. Maksimal 2-3 jam sebelum STD harus udah otw ke Changi, contoh dari stasiun Bugis sampai stasiun Changi memakan waktu hampir 1 jam, belum lagi jalan ke gedung Terminal keberangkatan, antri Check In (walau ada self check in, kadang tiket kita bermasalah sehingga harus check in manual), antri imigrasi, jalan ke Gate keberangkatan,dll). Maka perhitungan waktu yang tepat juga hal penting biar tidak sampai ketinggalan pesawat.

Okedeh, mungkin sekian tips yang bisa gue share dari pengalaman perjalanan kemarin, kalau ada yang punya tips lainnya silahkan berbagi dan semoga bisa trip lagi ke destinasi lainnya! Thank you.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *