“Ham, gue ngebayangin suatu saat nanti gue ke bandara tapi buat terbang urusan kerjaan gitu”

“Iya bener, kapan ya bisa kayak gitu?”

Sepenggal percakapan antara saya dan partner TA saya dulu pada masa-masa sehabis sidang yang berisi tentang angan-angan tentang masa depan kami nanti. Dan alhamdulilah, akhirnya saya mendapatkan kesempatan business trip (biztrip) ke Batam untuk mewakili kantor saya untuk berkompetisi antar affiliate Epson se-ASEAN. Sesampainya saya di gate Terminal 2F, langsung teringat penggalan percakapan diatas yang pernah menjadi angan-angan kami, dan akhirnya dapat tercapai setahun kemudian.

Pada biztrip kali ini, tujuannya yaitu berkompetisi mempresentasikan karya-karya tim terpilih antar affiliate Epson yang akan memperebutkan 3 tiket ke Jepang untuk kembali berkompetisi dalam level Worldwide. Saya tergabung dalam tim “GAZEBO” yang beranggotakan saya sendiri, bu Acih, dan Pak Eko. Dari tim Jakarta, ada tim F2 (Fantastic Four) dengan anggota Pak Susanto, Mas Rizal, dan Pak Agus. Tim terakhir, “Asik-Asik” dengan anggota Pak Doni, Mas Jaka dan Mba Yatni.

Selasa, 2 Agustus 2016

Kami semua berangkat dari CGK menggunakan Garuda Indonesia GA-152 flight jam 10.40 dengan tujuan bandara Hang Nadim Batam. Meeting point kami yaitu di KFC Terminal 2 Bandara Soetta sekitar pukul 7 pagi. Cuaca pagi itu cukup cerah dan alhamdulilah keberangkatan kami lancar hingga sampai tujuan.

boarding pass
selfie before onboard

Begitu sampai bandara, kami menuju hotel menggunakan taksi dan langsung disambut oleh pantia yang juga berasal dari Epson Batam (PEB). Tempat menginapnya lumayan bagus, Nagoya Hill Hotel (4 star) yang juga bertempat di kawasan Nagoya Hill Superblock, jadi di belakang hotel langsung mall dan ruko-ruko gitu lumayan biar ngga repot buat cari cemilan dan makan. Yang bikin wawnya lagi, satu kamar untuk satu orang jadi privacy masing-masing bisa terjaga, tapi agak serem juga sendirian di kamar yang cukup besar ini.

Hotel Room

Malam harinya kami ada coaching presentasi oleh GM dan manager pendamping untuk memastikan hal-hal yang perlu di antisipasi saat presentasi. Setelah berlatih, waktunya istirahat untuk mempersiapkan fisik dan mental untuk berkompetisi besok.

Rabu, 3 Agustus 2016

D-day! Ya, hari ini kompetisi dimulai. Setiap tim akan mempresentasikan project E-Kaizennya di hadapan para local judges untuk meraih tiket ke 4 besar dan ke Jepang. Saya tim satu-satunya dari Jakarta yang berada di hall B (peserta dibagi kedalam 2 hall, hall A (main hall) dan hall b ). Kebetulan tim saya mendapat giliran presentasi pertama, yang menurut saya merupakan suatu keuntungan karena tidak perlu menjadi minder saat melihat ada tim yang mungkin lebih bagus maju dahulu, jadi saya bisa tampil lepas dan pertanyaan dari judges pun dapat di jawab dengan lancar.

Main Hall
Presentation time
Q&A with Judges

Selain juri lokal, ada juga juri dari SEC (Jepang) yang turut hadir namun mereka bertugas di penentuan babak 4 besar dan juara 1-3 saja. Setelah menunggu hasil tim yang lolos ke babak 4 besar, ternyata tim kami belum bisa lolos namun tim F2 berhasil masuk 4 besar dan menjadi juara (Gold Winner) yang secara langsung akan berangkat ke Jepang untuk bertanding di babak final. Segala hasil kami terima dengan lapang dada, bukan berarti kami gagal namun masih banyak sekali hal yang bisa kami perbaiki untuk kedepannya. Selamat, F2 team!

F2 Team
Gazebo Team

Setelah siang hingga sore hari berkompetisi, malamnya acara jamuan makan bersama seluruh tim dan judges di main hall. Disini setiap meja dicampur dari berbagai negara sehingga kita dapat berkenalan dengan orang baru dari negara-negara tetangga. Kebetulan saya duduk bersama EPJ (Epson Precision Johor) dan pertama kalinya mengobrol dengan bahasa melayu.

Untitled-1

Kamis, 4 Agustus 2016

Hari ini acaranya yaitu factory tour ke PT. Epson Batam atau biasa disebut PEB. Seluruh peserta konvensi diajak untuk berkeliling ke pabrik Epson Batam untuk melihat suasana pabrik di sana. PEB terletak di komplek industri Batamindo. Kami dapat melakukan benchmarking untuk mengambil hal-hal positif yang ada di sini untuk di terapkan di masing-masing Epson Affiliate. Beberapa gambar tidak bisa saya tampilkan di sini karena bersifat terlarang hanya untuk kepentingan perusahaan.

At Epson Batam

Setelah berkunjung dari PEB, kami diajak makan siang di dekat jembatan Barelang. Jembatan penghubung tiga pulau yang ikonik di Batam ini. Menu makan siangnya yaitu seafood! Hampir semua orang makan dengan lahap (termasuk saya). Selain makan, kami pun berfoto-foto di dekat jembatan ini.

Seafood
Jembatan Barelang

Sesampainya di hotel, saya dan tim dari Jakarta tidak langsung tidur, melainkan jalan-jalan dahulu ke wilayah elektronik yang konon harganya banyak yang “miring”. Namun entah kami kurang jago atau memang sudah “bersih”, harga-harga gadget di sini tidak jauh beda dengan yang ada di Mal Amabassador Jakarta lho!. Karena tidak ada barang yang saya incer, lebih baik kembali ke hotel dan beristirahat!

Pusat Elektronik Nagoya

Malam harinya, kami habiskan dengan makan malam bersama di area Nagoya di traktir sama Pak Oktaf GM, makasih loh pak. Malam pun diakhiri dengan belanja oleh-oleh untuk teman-teman di Cikarang dan persiapan untuk prepare pulang esok harinya.

ea3e4435-8117-4007-bc1e-da1481d70da1

Sekian cerita dari Batam, semoga masih akan datang lagi cerita-cerita perjalanan saya berikutnya! See ya! mif